Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android – Memiliki ponsel cerdas dengan kinerja berkelas merupakan dambaan bagi semua pengguna smartphone. Karena dengan smartphone yang memiliki performa handal pengguna dapat menyelesaikan kebutuhan mobile dengan mudah dan cepat. Untuk dapat memperoleh performa yang handal pada perangkat smartphone kesayangan tidak sedikit orang yang melakukan oprek-oprek pada perangkat cerdasnya, seperti melakukan Root.

Namun hal seperti ini cukup mengkhawatirkan bila dilakukan oleh pengguna yang belum berpengalaman, pasalnya bila terjadi sedikit kesalahan maka yang terjadi adalah kerusakan permanen pada perangkat kesayangan Anda. Sebenarnya salah satu masalah yang membuat smartphone Anda kurang bertenaga adalah faktor komponen hardware seperti prosesor dan RAM yang kurang memadahi. Pasalnya mengingat perkembangan teknologi yang berjalan cukup pesat ini tentunya perkembangan software juga semakin meningkat.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Maka dari itu untuk mengimbangi hal ini dibutuhkan pula perangkat dengan kinerja yang cukup handal, agar mampu menjalankan setiap software yang ada. Misalnya saja adalah dukungan RAM dengan kapasitas yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki budget yang cukup tentunya untuk mendapatkan smartphone dengan spesifikasi RAM besar adalah perkara yang mudah. Karena memang kebanyakan smartphone dengan RAM besar dijual dengan harga cukup mahal.

Namun bagi Anda yang memiliki budget minim tentunya tidak mudah untuk dapat membali smartphone dengan spesifikasi mumpuni tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini tim ponselbaru.net akan membagi trik dan Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android. Namun cara yang akan kami sampaikan ini bukanlah harga mutlak yang memang dapat meningkatkan kinerja smartphone Anda dari pada biasanya.

Karena bisa saja kecepatan smartphone Anda menurun dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang yang tidak pernah Anda sadari sebelumnya, sehingga resource RAM smartphone Anda tidak mampu untuk menampungnya. Nah, agar Anda dapat mengatasi kinerja smartphone Anda yang menurun, maka Anda simak saja ulasan Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang telah kami rangkum dibawah ini.

Update Firmware

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Kebanyakan pengguna smartphone biasanya sering mengabaikan akan hal ini. Karena memang mereka terbilang masih awam tentang firmware. Firmware merupakan kerangka sistem operasi bawaan yang memang sudah dibekalkan sejak awal dikeluarkannya perangkat dari pabrikan. Mengingat perkembangan teknologi yang selalu update, maka sebaiknya lakukanlah update pada firmware. Hal ini untuk menghindari terjadinya bug serta kebocoran keamanan sistem operasi tersebut.

Legakan Kapasitas Memori Internal

Memori internal adalah salah satu penyimpanan yang menjadi satu dengan sistem. Maka dari itu bila kapasitas memori internal terlalu penuh maka tidak menutup kemungkinan tingkat kecepatan smartphone menjadi menurun. Untuk smartphone versi terbaru yang baru saja diluncurkan memang memiliki kapasitas memori internal sangat lega.

Tentunya meskipun Anda menyimpan data dengan jumlah yang besar tidak akan terlalu berpengaruh. Namun bagi Anda yang masih menggunakan smartphone versi lama yang memiliki kapastias memori internal cukup minim, Anda harus pintar-pintar dalam membagi kapasitas. Bila smartphone Anda dibekali dengan dukungan memori eksternal, maka manfaatkanlah fasilitas ini dengan baik.

Factory Reset

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Apabila smartphone Anda mulai melambat, dan ternyata menurunnya kecepatan smartphone tersebut dikarenakan kapastias memori yang sangat penuh dan sesak. Selain itu sesaknya kapasitas mamori internal tersebut dipenuhi oleh data-data yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Sebaiknya Anda melakukan Factory Reset pada smartphone Anda. Namun sebelum itu dilakukan, sebaiknya Anda melakukan backup dahulu pada data-data yang menurut Anda penting.

Karena dengan melakukan Reset Factory maka smartphone Anda akan kembali pada pengaturan pabrik, yang mana memiliki kinerja sangat ringan. Dengan begitu Anda dapat merasakan perbedaan saat Anda menjalankan smartphone Anda sebelum dan sesudah melakukan Factory Reset.

Pilah dan Pilih Aplikasi

Penurunan tingkat kecepatan performa smartphone biasanya juga dapat dikarenakan banyaknya aplikasi yang terinstall pada smartphone. Memang smartphone dengan memiliki beragam aplikasi dapat memperkaya fungsi smartphone itu sendiri. akan tetapi apabila Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut secara terus menerus, atau hanya digunakan sekali saja, sebaiknya Anda menghapus aplikasi tersebut.

Saran kami apabila Anda ingin mengunduh sebuah aplikasi sebaiknya tanyakan dahulu kepada diri Anda, apakah Anda membutuhkannya atau tidak. Karena hal ini hanya akan membebani kinerja smartphone Anda.

Matikan Live Wallpaper dan Animasi Transisi

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa live wallpaper dan animasi transisi memang sangat menarik untuk dilihat dan tentunya akan menjadikan tampilan smartphone kita semakin kece. Akan tetapi tahukah Anda bahwa untuk dapat menampilkan fitur menarik ini smartphone membutuhkan konsumsi daya yang cukup besar sehingga dapat menguras baterai lebih cepat. Selain itu hal yang lebih parah lagi hadirnya tampilan ini juga dapat memperlambat kinerja dari smartphone tersebut.

Kurangi Aktivitas Sinkronisasi

Untuk dapat selalu bekerja dengan baik, Aplikasi membutuhkan aktivitas sinkronisasi. Untuk itu aktivitas ini cukup sering dilakukan oleh sebuah aplikasi, namun tidak pernah kita sadari karena dapat berjalan secara otomatis. Untuk dapat membatasi aktivitas sinkronisasi ini Anda dapat mengaturnya melalui menu Setting pada smartphone. Bila perlu Anda Anda dapat menonaktifkan aktivitas sinkronisasi ini.

Bersihkan Cache Secara Berkala

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang selanjutnya adalah dengan membersihkan Cache secara berkala. Namun untuk melakukan ini kami sarankan agar Anda tidak menggunakan aplikasi pembersih apapun seperti Clean Master atau yang lainnya. Karena smartphone Anda yang performanya sudah sangat berat, bila digunakan untuk menginstall aplikasi seperti demikian, maka hanya akan memperparah keadaan smartphone Anda.

Root dan Overclock

Bila beberapa Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android diatas masih belum dapat mengatasi smartphone Anda yang lambat, maka cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan Root dan Overclock. Namun cara ini tidak kami sarankan kepada Anda yang merupakan pengguna Android pemula. Karena cara ini memiliki tingkat resiko cukup tinggi. Seperti yang telah kami sampikan diatas bila melakukan kesalahan sedikit saja dalam melakukan Root, maka bukan smartphone Anda yang kembali normal, tetapi bisa-bisa malah Anda harus mengganti smartphone Anda dengan yang baru.

Baca Juga: Tips Menyimpan Foto Di Instagram Tanpa Aplikasi

Dengan demikian, maka selesai sudah ulasan mengenai Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang dapat tim ponselbaru.net sampaikan. Semoga setelah menyimak informasit tentang tips dan trik diatas dapat menjadi referensi untuk Anda yang mengalami masalah dengan smartphone yang menjadi lambat

aplikasi mempercepat kerja j5 mempercepat kinerja j5


error: Content is protected !!