Tips Memilih Baterai dan Nge-Charger Smartphone Sama seperti sektor lainnya, baterai juga memerlukan penanganan khusus supaya mampu bertahan lama. Salah satu elemen terpenting pada smartphone ini akan cepat terkuras jika digunakan secara aktif.Tidak heran jika berbagai aksesoris penambah daya baterai portable bermunculan. Aksesoris seperti power bank seolah menjadi perangkat wajib untuk para pengguna gadget seperti smartphone.

Tips Memilih Baterai dan Nge-Charger Smartphone

Daya tahan baterai akan terus berkurang jika sering digunakan. Tetapi Lucky Sebastian, salah satu pakar gadget dan pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang daya tahan sekaligus umur baterai.

Berikut tips memilih baterai dan nge-charger smartphone

  • Dua jenis baterai
  • Frekuensi pengisian ulang daya
  • Tips biar baterai lebih awet

Dua jenis baterai

Lucky Sebastian mengatakan bahwa ada dua jenis baterai yang digunakan smartphone saat ini. Yang pertama adalah jenis baterai Li-ion dan yang kedua adalah polymer.

Dua jenis baterai

Tetapi kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran saat ini menggunakan jenis baterai Li-ion. Ini karena Li-polymer merupakan jenis baterai yang pengembangannya belum tuntas. Oleh sebab itu, saat akan memilih smartphone, ada baiknya Anda membeli smartphone dengan jenis baterai Li-ion.

Frekuensi pengisian ulang daya

Lucky juga mengatakan bahwa baterai jenis Li-ion memiliki masa cycle atau frekuensi pengisian ulang daya sebanyak 500 kali. Oleh sebab itu, performanya akan menurun saat smartphone di cast lebih dari masa cycle normal tersebut.

Frekuensi pengisian ulang daya

Jika Anda mencharge smartphone satu kali setiap hari, maka dalam setahun Anda sudah mencharge smartphone sebanyak 360 kali. Dengan begitu, performa smartphone tersebut akan menurun dalam waktu satu tahun lebih.

Tips biar baterai lebih awet

Supaya kualitas baterai tetap terjaga dan umur batarai lebih tanah lama, maka jangan dibiasakan nge-charge saat baterai benar-benar habis karena hal ini bisa menyebabkan masa cycle baterai semakin pendek.

Tips biar baterai lebih awet

Lebih baik Anda mencharge baterai saat dayanya sekitar 20-30%. Dengan begitu, masa cycle baterai akan lebih panjang.



error: Content is protected !!