Tips Supaya Baterai Gadget Tidak Mudah Rusak – Saat ini kebanyakan gadget sudah memakai baterai jenis Li-ion. Baterai jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibanding batera jenis lama seperti baterai Ni-Cd. Meski demikian, penanganannya juga berbeda dengan baterai jenis lama.

Tips Supaya Baterai Gadget Tidak Mudah Rusak

Dengan penanganan yang salah, Baterai Li-ion bisa mudah rusak. Tentu saja hal ini akan merugikan pengguna mengingat baterai Li-ion dijual dengan harga yang tidak murah. Oleh karena itu, sebagai pengguna Anda perlu melakukan beberapa tips berikut.

Inilah Tips supaya baterai gadget tidak mudah rusak

  • Pilih charger yang tepat
  • Charge gadget saat baterai kosong atau setengah terisi
  • Perhatikan temperatur baterai
  • Simpan dengan benar

Pilih charger yang tepat

Tips supaya baterai gadget tidak mudah rusak ini perlu diperhatikan baik-baik mengingat kebanyakan pengguna selalu mencharger gadget mereka dengan charger jenis apapun tanpa memperhatikan kualitas charger.

Pilih charger yang tepat

Charger yagn baik adalah charger yang mampu mengubah aliran listrik AC ke DC. Dengan demikian, komponen perangkat tidak mudah rusak. Jadi pilih charger yang tepat supaya baterai gadget Anda tidak mudah rusak.

Charge gadget saat baterai kosong atau setengah terisi

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa jangan pernah membiarkan daya baterai Li-ion habis. Alasannya karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan kekuatan baterai saat dicharger.

Charge gadget saat baterai kosong atau setengah terisi

Hal tersebut tidak benar karena Li-ion tidak memiliki memory defect. Dengan demikian, meski baterai dicharge dalam keadaan kosong, baterai tersebut tidak akan rusak. Selain itu, baterai juga cukup aman saat di dicharge dalam keadaan setengah terisi.

Perhatikan temperatur baterai

Tips supaya baterai gadget tidak mudah rusak ini adalah tips yang benar-benar harus diperhatikan. Ini karena temperatur merupakan hal yang harus diwaspadai secara serius mengingat temperatur bisa menurunkan kinerja baterai.

Perhatikan temperatur baterai

Li-ion sendiri mampu berkerja secara maksimal di suhu antara 20-30 derajat Celcius. Baterai mampu bertahan di suhu terdingin 5 derajat dan suhu terpanas sekitar 45 derajat Celcius.

Simpan dengan benar

Jika tidak digunakan dalam waktu lama, Anda bisa mencharger baterai 50 persen saja. Alasanya karena jika dibiarkan kosong, maka kemungkinan besar baterai tidak bisa dicharge lagi.

Simpan dengan benar

Selain itu, jika mengisi baterai sampai penuh, maka umur baterai akan semakin pendek. Ini karena daya baterai tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

advan mudah rusak hp advan cepet rusak hp advan tidak mudah rusak hp afan rusak hp yang mudah rusak jenis hp yang g mudah rusak smartphone gampang rusak smartphone yang mudah rusak suhu terpanas hp


error: Content is protected !!